Kamis, 15 Agustus 2013

Lomba tumpeng di SMPN 1 Gegerbitung

Pelajar SMP Negeri I Gerbi Adu Olah Nasi Tumpeng

MENGUGAH SELERA : Juri lomba nasi tumpeng SMP Negeri 1 Gegerbitung Kabupaten Sukabumi memamerkan nasi tumpeng.foto//nelisradarsukabumi GEGERBITUNG-SMP Negeri 1 Gegerbitung (Gerbi) Kabupaten Sukabumi mengadakan lomba nasi tumpeng dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, kemarin.
Sebanyak 19 nasi tumpeng dicicipi oleh seluruh guru untuk mengetahui siapa pemenangnya, namun hanya tiga juri yang berhak memutuskan nasi tumpeng yang menjadi juara, yaitu nasi tumpeng yang paling kreatif dan enak.
Dewan juri Atin Kartini mengatakan, kriteria untuk menjadi pemenang lomba adalah kreatif. “Nasi tumpeng harus tampak sangat menarik, memiliki tema, tidak membuang unsur penting yang berada di dalam nasi tumpeng, misalnya lauk pauknya yang khas serta rasanya yang gurih,”ujarnya.
Selain memperhatikan rasa dari nasi tumpeng, ketertarikan cerita yang digunakan dalam tema juga sangat diperhitungkan. Terpilihnya Juara I misalnya, dia membuat nasi tumpeng dengan tema taman. Nasi tumpeng dibentuk menjadi sebuah taman, lauk-pauknya dijadikan pagar, sayur-mayurnya dijadikan tanaman penghias taman serta susunya dijadikan kolam. Sangat menarik dan kreatif, ini tentunya didukung oleh keterlibatan guru dalam mendidik siswa-siswi supaya selalu menonjolkan ide kreatif.”Meskipun ini hanya perlombaan membuat tumpeng di sekolah, tapi kami tetap memperhitungkan kulaitas anak didik kami,” aku Wakasek Kesiswaan SMP Negeri 1 Gegerbitung, Sunarta.
Sunarta menambahkan, perlombaan tersebut dibatasi dengan dana yang harus digunakan oleh siswa-siswinya, yaitu Rp. 25.000 serta satu liter beras. Nasi tumpeng yang telah selesi diperlombakan dikembalikan pada peserta untuk kemudian dimakan bersama-sama. Ajang kebersamaan ini sangat jarang terjadi. Oleh karena itu, pihaknya sengaja selalu memasukan perlombaan ini agar kebudayaan tidak hilang. “Nasi tumpeng itu salah satu makanan tradisional Sunda, makanya harus kita jaga dan pertahankan supaya anak-anak tetap mengetahui keberadannya,” katanya
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar