Selasa, 10 Maret 2015

MATERI TIK KELAS 7 SEMESTER 2 : MEDIA PENYIMPAN DATA

MEDIA PENYIMPAN DATA

        Media penyimpan data adalah Alat yang digunakan untuk menyimpan data atau program Diamana data yang disimpan tersebut dapat dibaca kembali untuk diprose oleh komputer.
Media penyimpan data dapat dibedakan sebagai berikut:
1. Media Penyimpan Utama (Internal Storage) yaitu:
  • RAM (Random Access Memory)                                                                                                                      Disingkat dengan RAM.Memory penyimpanan sementara yang bersifat acak, biasanya disebut juga dengan memory kerja. Pada memory ini karena disimpan sementara (volatile), maka apabila komputer tidak mendapatkan daya (off), maka data yang disimpan pada memori ini akan hilang.                  Gamabar RAM :  
 

  • ROM (Read Only Memory)                                                                                                                              Disingkat dengan ROM. Memori yang hanya dapat dibaca. ROM dapat dibaca tapi tidak dapat diperbaharui. Biasanya ROM dipakai untuk menyebutkan bagian-bagian elektronik tertentu dlam suatu komputer. Disk non alterable seperti CD-ROM merupakan suatu jenis penyimpanan yang hanya bisa dibaca. Read Only Memory bersifat non-volatile dan tidak hilang meskipun power dimatikan. Juga dikenal sebagai memori statik, yaitu memori fisik yang bersifat hanya-baca. Dalam komputer, pada BIOS ROM biasanya digunakan untuk menyimpan konfigurasi BIOS.
     
2. Media Penyimpan Cadangan (External Storage) antara lain yaitu:
             Hardisk, Magnetik disk, Optic disk, Flash disk.

Hardisk 
       Hard disk adalah bagian dari unit, sering disebut sebagai "disk drive," "hard drive," atau "hard disk drive," yang menyimpan dan menyediakan akses yang relatif cepat ke data dalam jumlah besar pada permukaan elektromagnetik dibebankan atau set permukaan . komputer hari ini biasanya datang dengan hard disk yang berisi beberapa miliar byte (gigabyte) penyimpanan.
     Sebuah hard disk benar-benar satu set ditumpuk "disk," yang masing-masing, seperti piringan hitam, memiliki data yang dicatat elektromagnetik dalam lingkaran konsentris atau "trek" pada disk. Sebuah "kepala" (sesuatu seperti lengan gramofon tetapi dalam posisi yang relatif tetap) catatan (menulis) atau membaca informasi di atas rel. Dua kepala, satu di setiap sisi dari sebuah disk, membaca atau menulis data sebagai disk berputar. Setiap operasi membaca atau menulis mensyaratkan bahwa data akan berada, yang merupakan operasi yang disebut "mencari." (Data sudah dalam cache disk, bagaimanapun, akan berada lebih cepat.)
     Gambar Hardisk :





Magnetik Disk 
     Magnetik Disk adalah  Media penyimpanan data yang bentuknya merupai piringan dan pada permukaannya dilapisi dengan bahan kimia yang disebut dengan ironoxide. Perekaman datanya disimpan pada permukaan tersebut dalam bentuk kode binary. Misalnya DisketHarddisk, dll.
     Gambar Magnetik Disk :





Optic disk 
       Optical. Data direkam di optical disk dengan cara membakar titik kecil di lapisan permukaan disk dengan menggunakan sinar laser.
       Gambar Optic disk :








Flash disk
    USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 128 megabyte sampai 64 gigabyte.                                                                       USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.
     Gambar Flashdisk :

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar