Senin, 29 Juli 2013

TIK KLS 9 P-1



Materi TIK Kelas 9 Semester 1
Bab 1
Mengenal Internet
Pertemuan 1
1.1 Pengenalan dasar Internet
Tentunya kalian telah mengetahui dan mencoba fasilitas-fasilitas yang berbasis internet. Mulai dari permainan, hiburan berupa musik dan film, hingga penggunaan media sosialisasi pribadi seperti FB dan wechat. Untuk lebih mengenal internet kalian mesti juga mengetahui apa itu Internet.
Internet berasal darikata International network (williams & Sawyer,2011) Kalau diterjemahkan langsung berarti jaringan International. Pada dasarnya Internet juga dapat diartikan Interconnected Network karena memang terdiri dari berjuta-juta peralatan komputer yang saling terhubung.

1.2 Sejarah singkat Internet
a. Pada era tahun 1960
ada ketakutan yang luar biasa dari pemerintah Amerika Serikat terhadap perang Nuklir, untuk itu demi keamanan dan pertahanan negara melalui departemen pertahanannya Amerika mengadakan penelitian untuk menghubung-hubungkan komputer.
b. Pada bulan Oktober 1962
dimulai riset di ARPA (advance research Project Agency) badan ini milik departemen hankan amerika serikat
c. Pada tahun 65
dengan bantuan dari ARPA Larry Robert dan Thomas Marill membuat koneksi widw-area network. Mereka mencoba menghubungkan komputer TX-2 di MIT dengan komputer Q-32 di santa monica melalui jaringan telepon.
d. Pada tahun 1965
Bob Taylor dari ARPA menerima bantuan dana dari beberapa Universitas di amerika untuk melakukan percobaan. Pokok dari percobaan ini adalah untuk menghubungkan komputer* dari universitas yang memberikan dana. Tiga tahun kemudian proyek ini baru selesai kemudian diberi nama ARPANET dan pertama kali online tahun 1969
e. Pada tahun 1969
Pada tahun ini pertamakalinya internet pada masa itu online dan mereka menggunakan nama ARPANET. Jaringan ini awalnya hanya melayani kebutuhan universitas yang memberikan dana kepada proyek ARPA. Namun belakangan Universitas lain pun ikut bergabung diantaranya  MIT, Harvard, BBN.
f. Pada Tahun 1971
The Networking Group menyelesaikan projek “protokol telnet” protokol ini digunakan untuk mengakses komputer dari jarak jauh. Pada tahun ini juga The Networking Group membuat kemajuan pada standar File Transfer Protocol (FTP) yaitu protocol untuk mendownload file-file
g. Pada tahun 1972
Pertama kali digunakan lambang “@” baca : et. Pada pengirinan email pertama kali oleh Ray Tomlinson
h. Pada tahun 1973
Mulai digunakan TCP.IP protokol ini memungkinkan duabuah jaringan yang berbeda dapat saling berinteraksi satu dengan yang lain.
i. Pada tahun 1986
Internet dibuka untuk umum dan mengalami perkembangan pesat
j. Pada tahun 1989
banyak negara besar bergabung dengan internet, Jepang Italia, Australia, Belanda, Inggris dll
k. Pada tahun 1990 ARPANET resmi ditutup
l. Pada tahun 1993
Pengembangan pertama aplikasi browsing yaitu MOSAIC oleh Marc Andereessen bersama NCSA.

0 komentar:

Posting Komentar