Selasa, 10 September 2013

Bersyukur

                                                                            Oleh:Burhanudin,MM.Pd
إن الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا, من
يهده الله فلا مضل له ومن يضلل فلا هادي له. وأشهد أن لا إله إلا
الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَمَنْ تَبِعَ هُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.

مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ... أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُؤْمِنُوْنَ الْمُتَّقُوْنَ

ياأيها الذين ءامنوا اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون
ياأيها الذين ءامنوا اتقوا الله وقولوا قولا سديدا, يصلح لكم أعمالكم ويغفر لكم ذنوبكم ومن يطع الله ورسوله فقد فاز فوزا عظيما
إِنَّآ أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ {1} فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ {2} إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ اْلأَبْتَرُ {3}
 “Sesungguhnya kami Telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak.(1) Maka Dirikanlah shalat Karena Tuhanmu; dan berkorbanlah.(2) Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus dari rahmat Alloh.”(3)
      Asbabul nuzul Surah ini Diceritakan bahwa orang-orang Quraisy  melakukan tipu daya, kejahatan,penghinaan, dan pelecehan terhadap Rasullullah saw. dan dakwah beliau.Tujuannya adalah untuk menjauhkan masyarakat agar tidak mau mendengarkan kebenaran yang beliau bawa dari sisi Allah. Mereka itu antara lain al-Ash binWa-il, Uqbah bin Abi Mu’ith, Abu Lahab, dan Abu Jahal. Mereka memaki Nabi saw sebagai orang yang terputus keturunannya, karena anak-anak beliau yanglaki-laki meninggal dunia. Surah ini Allah hendak menghilangkan kegalauan , kesusahan hati Rasullullah dan menjanjikan kebaikan untuk beliau, mengancam musuh-musuh beliau dengan keterputusan, dan mengarahkan beliau untuk menempuh jalan kesyukuran.
Karena itulah, lantas diturunkan surah ini untuk mengusap hati beliau dengan kasih sayang dan keteduhan.
إِنَّآ أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ
“Sesungguhnya, Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang begitu banyak dan melimpah ruah, yang tidak bisa dihalangi dan tidak ada putus-putusnya.”
Sesunguhnya, nikmat itu sangat banyak, melimpah ruah tiada berkesudahan, tiada terhitung bagi orang yang mengerti, dan tiada terbatas wujudnya. Karena itu, nash ini membiarkannya tanpa batas, meliputi segala kebaikan yang banyak dan terus berkembang.
riwayat  lain al-Kautsar adalah sebuah sungai di surga yang diberikan kepada Rasullullah saw. surat Ibrahim ayat 7:
وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدُُ


Artinya: “Jika kalian bersyukur niscaya Aku tambahkan bagimu beberapa kenikmatan, dan jika kamu sekalian mengingkarinya ingatlah siksaKu sangat pedih

Secara psikologis, orang yang mengeluh itu pertanda sedang menderita sakit. Orang yang banyak mengeluh itu pada dasarnya terkena gangguan mental. Sebaliknya, orang yang banyak bersyukur itu pertanda sedang dalam keadaan sehat. Karena itu, bersyukur itu hanya bisa dilakukan oleh orang yang sehat rohaninya.

Cerdas bersyukur  harus dimulai dari kesucian hati untuk mengakui sifat Allah yang Maharahman dan Rahim. 



وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ
Jeung terhadap nikmat dari Tuhanmu maka hendaklah kamu sering menyebutnya/ bersyukur .
cerdas bersyukur itu membuahkan ketaatan sekaligus kenikmatan. “Melaksanakan shalat itu bersyukur, berpuasa juga bersyukur, dan melaksanakan segala kebaikan karena mengharap rida Allah adalah syukur. Syukur yang paling utama adalah memuji Sang Pemberi Nikmat.” (HR Ibnu Jarir).
Cerdas bersyukur merupakan salah satu kunci kesuksesan hidup. Orang yang bersyukur pasti berusaha menjadikan kualitas hidupnya meningkat atau menjadi lebih baik. (QS Ibrahim [14]: 7). 

Orang yang bersyukur akan senantiasa melihat segala hal secara jernih, objektif, cerdas, dan penuh kebersyukuran

Istafti qalbaka!” (minta pendapatlah pada hati nuranimu!) “Kebaikan itu adalah sesuatu yang membuat jiwa dan hati tenang, dan keburukan itu sesuatu yang mem buat jiwa gelisah dan hati bimbang.” (HR Ahmad dan al-Dari mi). Artinya, hati nurani itu selalu bersuara emas pada kebaikan, sebaliknya antidusta dan keburukan.
وَإِن تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللهِ لاَتُحْصُوهَا إِنَّ اللهَ لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ
“Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.s. an-Nahl: 18).urang renungkeun kebesaran ciptaan Alloh nyaeta jantung .


Jantung adalah organ terpenting pada sistem peredaran darah, aya 100 triliun kabel sambungan pada tubuh manusia satu demi satu terhubung ke jantung . Berat jantung laki-laki dewasa rata-rata adalah 300 gram. Sedangkan pada wanita rata-rata  250 gram. Ukuran jantung rata-rata 12x9x6cm sebesar kepalan tangan manusia. Jantung manusia berdenyut  70 kali semenit , 108.000 ribu kali perhari-/3 juta kali dina sabulan , 36 juta kali satahun  Rata-rata sepanjang hidupnya, jantung manusia berdetak 3 milyar kali tanpa henti , sekitar 20 liter/ menit memompa 25.000 liter darah perhari atau 750 ribu liter sabulan  9 juta liter dina satahun Jantung memompa + 152 juta liter (40 juta galon) darah sepanjang hidup, setara dengan minyak sebanyak 10.000 mobil tanki - Pembuluh darah atau pipa penghubungna mencapai  panjangnya mencapai 100.000 kilometer. Jantung mulai berdenyut semenjak bayi berada dalam rahim ibunya, dan akan bekerja tanpa henti seumur hidup,  Harga jantung lamun mengalami cangkok jantung Rp 2.3 M .Subhanalloh.

Hiji bukti ciptaan Allah yang paling jelas. hiji keajaiban, sistem anu begitu rumit, tidak mungkin terbentuk secara kebetulan. Kabeh  kemampuan ini menghadirkan perancangnya, yaitu Allah Pemelihara seluruh alam, Yang menciptakan tanpa cacat dan tanpa contoh.
Jantung bekerja dengan sistem elektrik khusus: bahwa ia diciptakan, adanya Sang Pengatur otomatis . Hal ini menunjukkan kita kepada Allah, Sang Pemelihara dunia dan segala isinya, Yang tidak tampak, Yang memperlihatkan diri-Nya kepada kita melalui segala sesuatu yang diciptakan-Nya.




ذَالِكُمُ اللهُ رَبُّكُمْ لآَإِلَهَ إِلاَّ هُوَ خَالِقُ كُلِّ شَىْءٍ فَاعْبُدُوهُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ وَكِيلٌ
Demikian itu ialah Allah Tuhan kamu; tidak ada Tuhan selain Dia; Pencipta segala sesuatu, maka sembahlah Dia; dan Dia adalah Pemelihara segala sesuatu. (QS. Al-An’am: 102). Hadirin RK
Hati teu  pernah menipu diri, apalagi menipu orang lain. Hati yang fitri, yang bersih kepentingan materi, nafsu, dan godaan inderawi. Hati yang selalu membimbing kata sejalan tindakan, sumpah, dan kenyataan. Hati yang takut berdusta di hadapan siapa pun karena yakin betul Tuhan Mahamengawasi. Syahwat senantiasa menarik segala sesuatu pada kepentingan dirinya. Sedangkan, amarah berwatak keras dan kasar, yang suka menghukum dan menghancurkan.
Menurut Ibn al-Qayyim dalam kitabnya, Madarij as-Salikin, syukur itu tampak pada bibir hamba dengan mengakui dan memuji keagungan Tuhannya, dalam hatinya dengan semakin meyakini dan mencintai-Nya, dan pada anggota badannya dengan semakin tunduk, khusyuk, dan taat kepada-Nya.dalam bentuk ibadah ada pepatah yang mengatakan, hati-hati dengan pikiranmu karena akan mewujudkan ucapan,hati-hati dengan segala ucapan karena akan melahirkan perbuatan,hati-hati dengan perbuatanmu karena akan menjadi tabiat dan karaktermu.baik atau buruk .positif atau negatif.tergantung pikiranmu.وَقَلِيلٌ مِنْ عِبَادِيَ الشَّكُورُ ( سباء : 13 )
Artinya : Dan sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang bersyukur ( Saba' : 13 )
مَا يَفْعَلُ اللَّهُ بِعَذَابِكُمْ إِنْ شَكَرْتُمْ وَءَامَنْتُمْ وَكَانَ اللَّهُ شَاكِرًا عَلِيمًا ( النساء : 147 )
Artinya : Mengapa Allah akan mengajab kalian jika kalian bersyukur dan beriman. Dan Allah سبحانه وتعالى maha mensyukuri lagi maha mengetahui                     ( An-Nisa' : 147 )
رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ.

بارك الله لي ولكم فى القرآن الكريم ونفعني وإياكم بما فيه من الآيات والذكر الحكيم , أقول قولي هذا واستغفر الله إنه هو الغفور الرحيم.

sumber gambar:motivasikeren.com
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar