Kamis, 01 Oktober 2015

Layanan PUPNS (Penguji Kesabaran PNS)

Oleh: Web Gauntlet

Teknologi informasi dewasa ini menjadi hal yang sangat penting karena sudah banyak organisasi yang menerapkan teknologi informasi untuk mendukung kegiatan organisasi. Teknologi Informasi diterapkan guna untuk pengelolaan informasi yang pada saat ini menjadi salah satu bagian penting karena :
(1) karena meningkatnya kompleksitas dari tugas manajemen,
(2) karena pengaruh ekonomi internasional (globalisasi),
(3) karena perlunya waktu tanggap (respons time) yang lebih cepat,
(4) karena tekanan akibat dari persaingan bisnis.
Pada tahun 2003 Williams dan Sawyer mendefinisikan Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video. William dan Sawyer memberikan pemahaman tentang TI adalah kombinasi dari komputer yang berhubungan dengan saluran komunikasi dengan transmisi data kecepatan tinggi, baik dalam bentuk teks, audio dan video. Data dalam bentuk multimedia yang ditampung dengan menggunakan komputer. 

Tujuan utama teknologi pada dasarnya untuk membantu manusia dalam menyelesaikan tugasnya,  sedangkan tujuan teknologi informasi  setidaknya mencakup  6 tujuan utama yaitu:  

1.      Penangkap,
2.      pengolah,
3.      penghasil,
4.      penyimpan,
5.      pencari kembali
6.      dan tranmisi

berkaitan dengan bergulirnya pendataan ulang pegawai negeri sipil (PUPNS) dengan menggunakan perangkat TI selayaknya proses input data (penangkap data) menjadi lebih mudah dilakukan bukan sebaliknya. Dari pengalaman langsung ditemukan dua masalah yang perlu ditangani dalam waktu dekat

1.      System yang penangkap yang mudah DOWN
2.      USER/PNS yang belum terbiasa menggunakan perangkat TI
Akhirnya tidak ada gading yang tidak retak, tulisan ini semoga dijadikan sebagai kritik membangun bagi pengembangan pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Sehingga penggunaan teknologi berada pada tujuan yang sama dengan teknologi yaitu supaya pekerjaan menjadi cepat, aman dan mudah bukan malah merepotkan pengguna teknologi.









Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar