Sabtu, 05 Maret 2011

TIPS SEDERHANA 99% LULUS UJIAN

TIPS SEDERHANA 99% LULUS UJIAN
Oleh: Agus Permana IX-A SMPN 1 Gegerbitung

     Ujian nasional memang telah menjadi momok tersendiri khususnya bagi teman-teman yang duduk di kelas 9 SMP/MTs serta kelas 12 SMA/SMK/MA. Bagaimana tidak, perjuangan belajar selama 3 tahun ditentukan dalam waktu yang kurang dari satu minggu. Ujian Nasional kali ini diperkirakan mulai bulai april 2011, karena UN benar-benar butuh persiapan yang matang, Baik itu persiapan secara mental, materi dan juga fisik. Lalu, strategi dan tips-tips apa saja yang harus dilakukan agar lulus ujian nasional 2011? Berikut ini strateginya.
1. Mantapkan pemahaman akan materi ujian mulai dari sekarang
Hal ini penting agar kalian tidak kelabakan saat ujian sudah semakin dekat. Konsentrasi pada materi yang menurut kalian sulit seperti fisika, matematika dan kimia. Tuliskan rumus-rumus dan pengertian penting di dinding kamar kalian agar bisa selalu terbaca atau dengan cara lain yang menurut kalian unik dan menarik.
2. Mintalah ke pihak sekolah SKL (Standar Kompetensi Lulusan) UN tahun sebelumnya
SKL ini berfungsi sebagai panduan kalian mengenai materi apa saja yang harus dipelajari menghadapi UN. Dari pengalaman, SKL ini tidak jauh berbeda dengan SKL dari tahun-tahun sebelumnya. Jadi, pastikan kalian memiliki SKL agar pembelajaran kalian dapat lebih tersruktur.
3. Sering-seringlah belajar kelompok dengan teman-teman yang pintar
Nah, ini sebenarnya memudahkan kalian untuk bertanya jika terdapat sesuatu yang kurang kalian pahami. Sebab terkadang kita lebih mengerti materi jika dijelaskan oleh teman sebaya kita. Selain itu kalian juga bisa tertular semangat mereka untuk terus belajar dan belajar. Yang terpenting jangan membicarakan hal-hal yang tidak penting saat belajar kelompok seperti menggosip, ketawa-ketiwi atau hal-hal lain yang bisa mengganggu konsentrasi belajar.
4. Kurangi bermain
Yang ini mungkin berat bagi kalian tapi ingat, jangan korbankan masa depanmu hanya demi bermain. Perbanyaklah belajar. Bermain cukuplah dihari sabtu dan minggu sekedar pelepas lelah dikala letih.
5. Seringlah berlatih mengerjakan soal UN tahun sebelumnya
Latihan ini dimaksudkan agar kalian terbiasa mengahadapi soal-soal UN yang njlimet dan sulit. Pengalaman, soal-soal UN sebenarnya hampir mirip dengan soal dari tahun sebelumnya. Jadi, biasakanlah diri kalian untuk sering mengerjakan soal UN. Jika tidak paham tanyakanlah pada guru kalian.
6. Jaga kesehatan kalian
Ini juga penting. Meskipun biasanya kalian sering pulang larut malam karena harus mengikuti les dan bimbingan belajar. jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan agar tetap fit. Berkonsultasilah ke dokter agar dibuatkan multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Jangan sampai saat hari H tiba kalian sakit dan tidak bisa mengikuti ujian. Dijamin, perjuangan kalian selama bertahun-tahun akan sirna begitu saja. Jadi, jaga kesehatanmu baik-baik.
7. Ikuti try out UN
Biasanya menjelang UN banyak sekali bimbel atau organisasi yang menyelenggarakan try out ujian nasional. Try out ini berguna untuk mengukur seberapa jauh kalian menguasai dan mendalami materi-materi yang akan diujiankan. So, ikuti aja try out-try out tersebut insya Allah berguna berguna buat kalian.
8. Dekatkan dirimu pada Tuhan
Jika ikhtiar dan usaha telah dilaksanakan, kini saatnya menyerahkan segala sesuatunya kepada Tuhan yang maha kuasa. Bagi kalian yang muslim seringlah shalat tahajjud dan berdoa kepada Allah agar dibukakan pikiran dan diberi pemikiran yang jernih serta hati yang tenang. Ini menjadi kekuatan besar saat hari H nanti. Jika dekat dengan Tuhan niscaya ketika kalian mengerjakan soal-soal UN kalian bisa lebih percaya diri sehingga memudahkan dalam mengingat segala sesuatu yang pernah dipelajari.
Semoga Bermanfaat
Reaksi:

1 komentar: